Pandanaran Skybridge, Jembatan Keren dan Instagrammable

Kliknusae.com - Kota Semarang kini mempunyai tambahan ikon kota berupa jembatan yang tampil keren dan unik. Namanya Pandanaran Skybridge. Jembatan yang menghubungkan Gedung Parkir Pandanaran Kota Semarang dengan pusat oleh-oleh Pandanaran.

Setelah diresmikan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pada awal Januari lalu, Pandanaran Skybridge sudah dapat dimanfaatkan masyarakat secara umum dan dibuka hingga malam hari. Namun saat malam di waktu sepi aktivitas, jembatan ini akan ditutup untuk menghindari aktivitas yang tidak sesuai.

Menurut Antonius Hendro Sulistiyo, Analis Bangunan Gedung dan Permukiman pada Dinas Penataan Ruang Kota Semarang, kebijakan tersebut diberlakukan karena beberapa waktu lalu sempat ada tuna wisma yang tidur di area skybridge. Untuk itulah pihaknya sempat memasang garis pembatas menutup Pandanaran Skybridge, sembari mempersiapkan personil penjagaan.

"Tapi kalau sekarang sudah dibuka, hanya saja waktu malam akan ditutup, agar kejadian tidak terulang. Bahkan kemarin ada yang foto pre-wedding di skybridge, dan itu gratis alias tidak dipungut biaya," ungkap Anton dikutip dari situs Pemkot Semarang.

Keberadaan Pandanaran Skybridge yaitu untuk dimanfaatkan secara umum termasuk fasilitas pendukung yang ada, antara lain 3 buah lift di dalam gedung parkir, 1 buah lift di ujung kawasan oleh-oleh Pandanaran, serta tangga melingkar yang berada di skybridge.

Selain berfungsi untuk perlintasan, pengunjung pun dapat memanfaatkan berbagai keunikan skybridge untuk latar foto yang instagrammable, seperti lampu warna-warni di sepanjang jembatan, tiga kelokan skybridge, balkon di tengah skybridge, serta taman dan air mancur di bawahnya.

Dengan dibukanya jembatan ini, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berpesan pada seluruh masyarakat untuk turut menjaga kondisi yang sudah baik tersebut, dengan tidak melakukan kegiatan yang menjurus vandalisme.

"Sudah dibangunkan bagus, tinggal masyarakat ikut menjaga kebersihannya. Jangan dicoret, jangan dirusak. Kalau bagus kita juga yang merasakan manfaatnya," tegas Hendrar.

"Masyarakat sudah bisa memanfaatkan jembatan Skybridge Pandanaran. Silahkan bagi pengunjung kawasan oleh-oleh Pandanaran yang mau parkir di Gedung Parkir kemudian berbelanja, atau yang sekadar mau foto selfie bisa memanfaatkan jembatan Skybridge," tambahnya.***(IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya