Angkasa Pura Airports Layani 4,5 Juta Penumpang Selama Liburan Nataru

Kliknusae.com - Selama masa liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) lalu, Angkasa Pura Airports (Angkasa Pura I) melayani sebanyak 4,5 juta penumpang. Angka tersebut berdasarkan perhitungan selama 19 hari, mulai 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 di 14 bandara yang dikelola Angkasa Pura I (AP I).

Seperti dilansir laman resmi AP I, secara persentase, trafik penumpang ini mengalami penurunan  3,3 persen. Dari 4,6 juta penumpang pada tahun sebelumnya menjadi 4,5 juta penumpang pada 2020.

Untuk pertumbuhan trafik tertinggi pada masa liburan Nataru kali ini, terjadi di Bandara Internasional Lombok dengan peningkatan trafik mencapai 15,19 persen. Total trafik penumpang pada periode ini yang melalui Bandara Internasional Lombok mencapai 190 ribu orang dari 168 ribu orang pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari sisi jumlah penumpang, sama halnya dengan tahun lalu. Tahun ini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi penyumbang trafik tertinggi dengan melayani 1,4 juta penumpang. Meningkat dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang hanya mencapai 1,3 juta penumpang.

Diikuti Bandara Juanda Surabaya di posisi kedua untuk trafik penumpang tertinggi, dengan total trafik sebanyak 919 ribu penumpang. Di posisi ketiga untuk trafik tertinggi terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan total sebanyak 479 ribu penumpang.

"Daya tarik Bali sebagai destinasi wisata favorit bagi wisatawan mancanegara dan domestik pada masa libur Natal dan Tahun Baru memang luar biasa. Hal ini terbukti dengan trafik penumpang yang melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai yang tak pernah surut, bahkan justru terus tumbuh," ungkap Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi.

Bandara lain yang mengalami peningkatan trafik, yakni Bandara Sam Ratulangi Manado yang tumbuh 5,6 persen. Sementara itu, trafik penumpang Bandara Sentani Jayapura, yang baru saja dikelola Angkasa Pura Airports per 1 Januari 2020, pada periode Nataru 2020 ini mencapai 36.570 penumpang, turun 3 persen dibanding trafik penumpang periode Nataru tahun lalu yang mencapai 37.497 orang.

Faik menambahkan, penurunan trafik penumpang di beberapa bandara Angkasa Pura Airports lainnya, terutama di Pulau Jawa, masih dipengaruhi faktor yang sama dengan tahun lalu. Diantaranya telah dioperasikannya Jalan Tol Trans Jawa, harga tiket yang dinilai masih relatif tinggi, dan semakin banyaknya pilihan moda transportasi lain.

Pos Pelayanan Nataru AP I sendiri ditutup pada Senin, 6 Januari 2020 kemarin. Faik Fahmi, mewakili manajemen Angkasa Pura Airports, memberikan apresiasi atas dukungan penuh seluruh personel, baik dari internal Angkasa Pura Airports maupun stakeholders terkait.

Beberapa pihak yang turut memberi dukungan posko layanan itu, antara lain Kantor Otoritas Bandar Udara, TNI, Polri, Perum LPPNPI, Basarnas, BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan, maskapai penerbangan, ground handling, serta pihak-pihak lain yang terlibat. Sehingga pelaksanaan Posko Nataru di 14 bandara Angkasa Pura Airports berjalan baik dan lancar.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan dan kerja sama semua pihak yang telah berhasil menciptakan operasional bandara yang mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan selama pelaksanaan Posko Natal dan Tahun Baru 2020 di seluruh  bandara yang kami kelola," ucap Faik.***(IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya