Menhub Imbau Masyarakat Waspada di Jalur Wisata

Kliknusae.com - Saat momen liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap jalur-jalur wisata seperti di Lembang dan Garut. Demikian disampaikan Menhub Budi dalam tinjauannya ke Posko Nagreg, Jawa Barat dalam rangka Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Senin (30/12/19) kemarin.

"Imbauan saya kepada para saudara kita yang mudik lagi berlibur ada yang ke Garut ke Lembang kalau di Jateng itu ke Tawamangu harus persiapkan diri dengan baik dan selalu pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik. Bagi masyarakat yang menggunakan Angkutan Bus, pilih kendaraan bus yang laik jalan, jangan yang asal murah. (Selalu) utamakanlah keselamatan," papar Menhub Budi, disitat dari situs resmi Kemenhub.

Budi juga meminta masyarakat berperan aktif untuk mengingatkan pengemudi jika berkendara melebihi kecepatan untuk mematuhi SOP keselamatan.

"Kalau dalam perjalanannya juga supirnya harus diingatkan kalau mereka ngebut karena biasanya ingin cepat sampe ya bahaya itu, jadi imbauan bagi mereka yang ingin berlibur ke tempat wisata agar lebih hati-hati," ungkap Budi.

Selanjutnya Budi menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada jajaran Kementerian PUPR yang telah melalukan pelebaran jalan dan juga pihak Pertamina yang membuat SPBU tambahan. Tidak lupa juga apresiasi disampaikan kepada seluruh stakeholder yang bertugas.

"Terima kasih kepada Menteri PUPR jalannya (di Nagreg) sudah lebar-lebar jadi kalau dulu itu terkenal tempat macet sekarang Alhamdulillah lebih baik. Tapi yang mesti diwaspadai adalah tempat-tempat wisata. Terima kasih juga dengan Pertamina yang membuat tempat tambahan SPBU dan tadi kita ke poliklinik ada yang jaga dokter jadi terima kasih kepada petugas kesehatan yang memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat," tuturnya.

Sebagai informasi titik macet di jalur Nagreg terjadi di Pasar Limbangan dikarenakan adanya pasar tumpah. Sehingga kerap kali dilakukan skema one way dan juga penyediaan jalur alternatif.

Sepanjang Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kementerian Perhubungan telah melakukan Inspeksi (Rampcheck) Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sejak tanggal 20 November 2019 hingga 16 Desember 2019 terhadap 16.844 bus angkutan umum.***(IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya