Mengenal Sekolah Selam di Ujung Timur Indonesia

Kliknusae.com - Tanah Papua memang dikenal memiliki potensi wisata bawah laut yang sangat indah dan menjanjikan. Keindahan tersebut bisa dinikmati wisatawan dengan melakukan kegiatan di bawah air seperti menyelam (diving) atau snorkeling.

Potensi inilah yang dimanfaatkan sekelompok pemuda Papua, yaitu dengan mendirikan sekolah menyelam bernama Papua Diving Academy. Sekolah menyelam ini diinisiasi secara swadaya oleh sekelompok pemuda Jayapura pada 2017. Awalnya hanya sebatas menyediakan jasa pemandu tur.

Seiring waktu, dengan banyaknya minat dari setiap orang yang ingin belajar menyelam, akhirnya pada 2019 Papua Diving Academy didirikan. Tujuannya memberikan peluang bagi anak-anak muda setempat, terlebih di Kabupaten Jayapura. Bermodalkan semangat tinggi, mereka melihat peluang ke depan untuk mengelola sumber daya alam yang ada di kampungnya.

Seperti disitat dari situs indonesia.go.id, pada 2006 ada sembilan pemuda kampung yang mengikuti pelatihan menyelam yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Papua. Mereka berhasil mengantongi Sertifikasi Open Water. Kemudian mereka membentuk organisasi dengan nama Ombang Scuba Diving. Organisasi ini yang melayani para wisatawan yang tertarik pada destinasi wisata bawah laut saat berkunjung ke spot-spot selam.

Selanjutnya pada 2008, 2012, dan 2014, Ombang Scuba Diving dikirim Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura untuk mengikuti kursus selam di Taman Laut Nasional BUNAKEN, Minahasa, Sulawesi Utara. Hasilnya, ada tujuh delegasi dari Ombang Scuba Diving berhasil meraih sertifikasi SSI (Scuba School International).

Berbekal sertifikat SSI dari para awak tersebut, Ombang Scuba Diving mendirikan Papua Diving Academy pada Februari 2019. Papua Diving Academy dikelola oleh 16 orang. Kini sekolah itu telah memiliki 50 murid atau penyelam pemula.

Lembaga ini juga melakukan berbagai kegiatan di laut, seperti melakukan kampanye lingkungan hidup (pelestarian lingkungan laut), mendidik siapa saja yang berminat melakukan selam, menyediakan modul-modul untuk anak-anak sekolah agar lebih memahami dunia bawah laut. Mereka juga mendukung program Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk memajukan daerah.

Kiprah Ombang Scuba Diving pun mendapat sambutan positif dari Pemerintah Kabupaten Jayapura. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw memberikan apresiasi tinggi kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi untuk membina dan melatih generasi muda, secara khusus pemuda lokal di kawasan Teluk Tanah Merah, untuk belajar serta menjaga lingkungan alam bawah laut melalui akademi ini.

"Dari sisi pariwisata, tempat ini sangat menjanjikan dan memiliki potensi bawah laut yang sangat luar biasa. Tidak hanya itu, ada juga potensi sumber daya alam lain yang terkandung di dalam tanah serta di kawasan pesisir ini. Oleh sebab itu pemerintah daerah memberikan dukungan dan masyarakat lokal yang mengelola tempat ini harus menjaga tempatnya dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab di waktu-waktu mendatang," papar Awoitauw.

Sementara itu Direktur PDA Shopia Melisa Sorontouw menjelaskan, dengan adanya sekolah menyelam maka anak-anak muda Kabupaten Jayapura mempunyai peluang pekerjaan, karena sudah terlatih dengan baik. Selain itu, mereka juga bisa juga menjadi atlet selam. Untuk mendukung aktivitas Papua Diving Academy, pengelola menggandeng Papua Language Institute (PLI) untuk pengembangan sumber daya manusia para diving guide.

Kabupaten Jayapura dengan luas wilayah mencapai 11.157 km persegi, mempunyai puluhan objek budaya dan destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisatanya Teluk Tanah Merah yang merupakan hamparan pantai dan panorama bawah laut nan eksotik dari pesisir Tablasupa di Distrik Depapre.

Di kawasan Teluk Tanah Merah, terdapat pantai dan spot bawah laut yang cukup indah, diantaranya Kampung Tablanusu, Kendate, Dormena, dan yang paling menarik adalah di Kampung Bukisi. Untuk dapat menjelajahi spot itu, Papua Diving Academy menyediakan paket-paket perjalanan yang menarik dan  terjangkau bagi siapa saja yang ingin merasakan pengalaman menyelam yang seru.

Akses ke Pantai Tablasupa bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan sewa maupun pribadi. Dengan waktu perjalanan satu setengah jam dari Kota Sentani. Untuk wisatawan yang mempunyai hobi diving atau snorkeling dan ingin menjelahi beberapa spot di pantai Tablasupa juga tersedia peralatan menyelam dan pemandu wisata yang terlatih dari Papua Diving Academy.*** (IG)

Share this Post:

Berita Terkait