Ridwan,Ganjar,Irwan,Anies dan Syamsuar Gubernur Terinovatif Tahun 2019

Kliknusae.com - Lima gubernur di Indonesia berhasil membawa daerahnya meraih penghargaan Innovative Government Award 2019. Mereka adalah Jawa Barat Ridwan Kamil (Jawa Barat), Ganjar Pranowo (Jawa Tengah), Irwan Prayitno (Sumatera Barat), Anie Baswedan (DKI Jakarta), Syamsuar (Gubernur Riau).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada mereka dalam acara malam puncak anugerah 'Innovative Government Award 2019' di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019).

"Secara singkat kami ingin mengatakan bahwa ada kemajuan dibanding tahun lalu. Di tingkat provinsi masih sama, tapi di tingkat kabupaten/kota muncul beberapa daerah-daerah baru yang mendapatkan penghargaan," kata Tjahjo dalam sambutannya.

Tjahjo berharap daerah lain juga ikut menampilkan inovasi. Sebab banyak penghargaan serupa menurut Tjahjo diberikan ke sejumlah daerah yang sama.

"Jadi saya kira dari 534 kabupaten/kota dan provinsi harapan kami harus tampil inovasi-inovasi. Tapi tetap masih hampir 80% dari media, Bappenas, MenPAN-RB dan keuangan, kesehatan, dari pekerjaan umum itu daerahnya masih sama," kata Tjahjo.

Tjahjo juga berbicara soal Kabupaten Banyuwangi yang tidak pernah absen mendapatkan penghargaan daerah terinovatif. Dia berharap dengan adanya penghargaan ini, daerah lain terpacu berinovasi.

"Saya bilang hampir sama, namanya Banyuwangi pasti nggak pernah ketinggalan. Sama juga dari provinsi juga sama, saya kira ini akan merangsang di kemudian hari," imbuh Tjahjo.

Mendagri menambahkan, hingga kini sudah sebanyak 77 pemerintah daerah yang tergabung dalam layanan Puja Indah.

"Setidaknya hingga saat ini sudah ada 77 pemda yang telah menandatangani komitmen pembinaan inovasi daerah dengan menggunakan layanan Puja Indah sebagai inovasi layanan publik," kata Tjahjo.

Mendagri mengingatkan pemerintah daerah harus menciptakan dan membangun inovasi di daerah, seperti yang diharapkan Presiden Joko Widodo.

Visi inovasi daerah ke depan,lanjut Tjahjo,memang harus dapat mewarnai pembangunan di seluruh Indonesia, membangun inovasi juga sebagaimana yang selalu diharapkan oleh Presiden Jokowi.

"Dimana filosofi inovasi yang dapat memangkas biaya, memangkas jalur birokrasi yang panjang, dan memangkas waktu yang panjang harus terwujud dengan baik dan lebih cepat," harapnya.

Visi inovasi juga harus dilakukan secara inovatif. Oleh karena itu kita harus mewujudkan inovasi di seluruh daerah di Indonesia, baik lahir dari pemerintah daerah maupun yang difasilitasi oleh pemerintah pusat harus menjadi smart government.

"Hal ini dapat diwujudkan dengan merefleksikan smart city dan smart regional di seluruh Indonesia," tambahnya.

Berikut daerah yang mendapatkan penghargaan Innovative Government Award 2019 :

Kategori Daerah Perbatasan

1.Kabupaten Pelalawan

2.Kabupaten Bengkalis

3.Kabupaten Morotai

Daerah Tertinggal

1.Kabupaten Sigi

2.Kabupaten Nabire.

Kabupaten Terinovatif:

1.Kabupaten Banyuwangi

2.Kabupaten Kulon Progo

3.Kabupaten Malang

4.Kabupaten Situbondo

5.Kabupaten Banggai

6.Kabupaten Agam

7.Kabupaten Musi Rawas

8.Kabupaten Hulu Sungai Selatan

9.Kabupaten Bogor

10.Kabupaten Padang Pariaman.

 Kota Terinovatif:

1.Kota Denpasar

2.Kota Bogor

4.Kota Bontang

5.Kota Malang

6.Kota Cimahi

7.Kota Bandung

8.Kota Makassar

9.Kota Magelang

10.Kota Surakarta

 Provinsi terinovatif :

1.Jawa Tengah

2.Jawa Barat

3.Sumatera Barat

4.DKI Jakarta

5.Riau

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya

E-Magazine Nusae