Prambanan Menduduki Peringkat 8 Wisata Heritage Terbaik Asia

Klik nusae - Candi Prambanan masuk dalam daftar 8 objek wisata heritage terbaik di Asia versi majalah Lonely Planet tahun 2019. Diatas Candi Prambanan ada Yuhang Caves (China) dan  Punakha Dzong (Bhutan). Prambanan terpilih karena memiliki keunikan arsitekturnya.

Hasil penelurusan Klik nusae, Rabu (24/7/2019), Lonely Planet mengulas tuntas bagian-bagian Prambanan yang digambarkan sebagai peninggalan masa lalu yang sangat mempesona.

Bangunan di Prambanan dimulai pada pertengahan abad ke-9 - sekitar 50 tahun setelah Borobudur. Tidak banyak yang diketahui tentang sejarah awal kompleks candi ini, walaupun diperkirakan bahwa itu mungkin dibangun oleh Rakai Pikatan untuk memperingati kembalinya dinasti Hindu ke kekuasaan tunggal di Jawa.

Seluruh Dataran Prambanan ditinggalkan ketika raja-raja Hindu-Jawa pindah ke Jawa Timur dan, pada pertengahan abad ke-16, gempa bumi dahsyat menggulingkan banyak candi.

Prambanan tetap dalam reruntuhan selama bertahun-tahun, dan kehancurannya dipercepat oleh pemburu harta karun dan penduduk setempat yang mencari bahan bangunan.

Sementara upaya dilakukan pada tahun 1885 untuk membersihkan lokasi, baru pada tahun 1937 rekonstruksi pertama kali dicoba.

Sebagian besar candi sekarang telah dipulihkan hingga batas tertentu, dan, seperti Borobudur, Prambanan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

Prambanan mengalami kerusakan parah akibat gempa 2006. Meskipun candi utama selamat, ratusan balok batu runtuh atau retak (479 blok di kuil Siwa saja).

Saat ini struktur utama telah dipulihkan, tetapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan sebagian kompleks masih terlarang.

Di halaman utama, Candi Shiva Mahadeva, didedikasikan untuk Siwa, tidak hanya yang terbesar dari candi tetapi juga yang terbaik.

Puncak menara menjulang setinggi 47m dan kuil itu diukir dengan mewah. 'Medali' yang menghiasi dasarnya memiliki motif khas Prambanan - singa kecil di ceruk yang diapit oleh kalpatura (pohon surga) dan kebun binatang kinnara setengah manusia dan setengah burung (makhluk surgawi) bergaya.

Pemandangan indah yang diukir di dinding dalam galeri yang mengelilingi kuil berasal dari Ramayana - mereka menceritakan bagaimana istri Rama, Sita, diculik dan bagaimana Hanuman, dewa monyet, dan Sugriwa, jenderal monyet putih, akhirnya menemukan dan lepaskan dia.

Prambanan memang masih harus bersaing dengan berapa heritage serupa di Asia. Namun rating ini telah mendorong wisatawan mengenal lebih dekat candi yang banyak memiliki keunikan tersebut.

Berikut 8 Top sights in Asia versi Lonely Planet:

1.Forbidden City, China

2.Shwedagon Paya, Myanmar

3.Bayon, Kamboja

4.Mogao Grottoes, China

5.Taj Mahal, India

6.Punakha Dzong, Bhutan

7.Yuhang Caves, China

8.Candi Prambanan

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya