5 Destinasi "Pengganti" Gunung Tangkuban Perahu

Klik nusae - Jangan kuatir, selama Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Perahu tutup masih banyak pilihan berwisata di kawasan Subang Jawa Barat.

Berikut 5 destinasi  yang bisa menjadi alternatif liburan buat kamu yang dirangkum Klik nusae, Sabtu (27/7/2019)

1.Wisata Air Panas Ciater "Sari Ater Hot Spring Resort"

Nah ini dia tempat wisata di Subang yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi. Kalau anda liburan di Subang sangat sayang sekali kalau tidak mampir ke pemandian ini.

Sari Ater Hot Spring Resort atau lebih dikenal dengan obyek wisata air panas dan Air Ajaib Ciater, lokasinya ada di kawasan pegunungan Subang Jabar, di kaki gunung Tangkuban perahu, tepatnya beralamat di Desa Ciater, Kecamatan Ciater Kab.Subang.

Air di pamandian air panas Ciater ini langsung bersumber dari Gunung Tangkuban perahu, pemandian dibuat dalam bentuk kolam dan kamar rendam dengan desain yang unik dan istimewa, yang tersebar luas di beberapa lokasi obyek wisata sari ater atau biasa di sebut Ci Ater.

Pemandian ini memiliki area yang luas sekitar 30 ha. Sari Ater hot spring resort juga memberikan fasilitas wisata bagi para wisatawan yang berekreasi bersama keluarga selain untuk berendam anda juga bisa menikmati keindahan alam pegunungan yang masih asli dengan kesejukan udara yang amat nikmat untuk dihirup.

Alamat Tempat Wisata Ci Ater Subang Jawa Barat :

Jln. Raya Ciater - Subang

Telepon : 0260-471700/471800/471900

Fax : 0260-470890/ 471666

Pengelola : PT. Sari Ater

Untuk mencapai pemandian air panas ini kita bisa menggunakan mobil dan sepeda motor, kalau dari pusat kota Subang, kita harus berkendara selama 40 menit ke arah selatan sedangkan dari Kota Bandung sekitar 56 menit dan dari Jakarta via tol Sadang dengan waktu tempuh sekitar menit (3 Jam) serta dari Tangkuban parahu kurang lebih 11 menit. Kondisi jalan menuju kawasan ini Cukup Baik, baik dari subang maupun Bandung. Namun yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah kondisi kendaraan, karena untuk menuju lokasi baik dari Subang maupun Bandung akan melalui tanjakan yang cukup berat.

2.Capolaga Adventure Camp

Satu lagi tempat wisata di Subang yang tidak boleh dilewatkan yaitu area Capolaga Adventure Campyang berlokasi di desa Cicadas Panaruban, Kecamatan Sagalaherang Kab. Subang.

Objek wisata ini menawarkan keindahan ekosistem sungai Cimuja yang unik dan mempesona yaitu berupa air terjun Cimuja, air terjun Karembong dan air terjun Sawer yang dikelola secara kaidah alam.

Selain air terjunnya yang indah, di obyek wisata ini-pun dapat ditemui gua-gua, salah satunya yaitu Gua Badak. Dengan didukung oleh fasilitas wisata dan kegiatan out bound, menjadikan obyek wisata ini sebagai tempat yang amat cocok bagi para wisatawan baik asing maupun lokal yang mempunyai jiwa petualang dan yang ingin memacu adrenalin.

Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di  Capolaga Adventure Camp:

  1. Out bound
  2. Outing.
  3. Famili atau company Gathering.
  4. Adventure sport.
  5. Tarcking dan bird watching.
  6. Tea walk.
  7. Lahan perkemahan.
  8. Photography.
  9. Kolam Memancing Ikan.

Bagi anda yang tertarik mengunjung tempat ini, anda harus sekitar 45 menit dari pusat kota Subang, 1,6 jam dari Bandung, sementara yang yang berasal Jakarta lewat tol Sadang sekitar 3 Jam. Adapun kondisi untuk jalan , jalannya sebagian masih berupa jalan be-batuan.

3.Curug Agung / Batu Kapur

Curug agung atau batu kapur menjadi tempat wisata di Subang selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasi air terjun ini ada di Desa Curug Agung Kecamatan Sagalaherang. Berdasarkan pengalaman para pengunjung yang datang untuk berendam di kolam air panas di pemandian Batu Kapur, dipercaya sebagai air terapi yang dapat menyembuhkan berbagai  macam penyakit kulit seperti gatal-gatal dan sebagainya.

Di sekitar Curug ini juga sudah dikembangkan berbagai fasilitas lain seperti pondokan (Tempat Menginap) , tempat rekreasi anak-anak, arena atau area perkemahan dan Tempat rumah makan.

Untuk neuju Curug Agung ini kita bisa melewati Kecamatan Sagalaherang atau Kecamatan Dawuan. Adapun waktu tempuh yaitu dari subang (via Kec. Dawuan) sekitar 32 menit, dari Bandung (via Sagalaherang) 91 menit sedangkan dari Jakarta (via tol Sadang) sekitar 2,6 jam.

4.Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa wisata Sari Bunihayu menjadi tempat wisata di Subang selanjutnya, desa wisata ini menawarkan keindahan alam yang menawan dengan panorama pegunungan.

Desa ini terletak di selatan Kota Subang Jawa Barat, dengan ketinggian antara 500-1700 Dari permukaan Laut, luasnya sekitar 3 ha dan berdiri pada tahun 2002.

Desa wisata ini memiliki konsep Wisata Alam dan Budaya (Seni dan Tradisi). Bagi anda yang tertarik liburan kesini bisa dijangkau dari berbagai penjuru kota karena lokasinya sangat strategis.

Dengan suasana pedesaan yang asri serta keindahan alam yang menawan akan membuat anda merasa nyaman dan tentram sehingga membuat kita lebih rileks dan melupakan stress kerja selama seminggu ini.

Fasilitas Wisata Sari Bunihayu  :

- 11 Villa dengan harga sekitar Rp.300.000 - Rp. 1.100.000

- Kolam Ikan ukuran (10 m x 20 m) 1 buah

- Kolam Renang ukuran (8 m x 16 m) 1 buah

- Rumah Makan

- Ruangan Rapat

- Mushola

- Play Ground

- Taman Buah (Buah Durian)

- Tempat Suvenir

- Outbond Land

- Tempat Rekreasi Anak

- Kamar Mandi kapasitas 10 kamar

- Tempat Parkir kapasitas 40 mobil

Bagaimana? Anda tertarik menghabiskan liburan ke desa wisata Sari Bunihayu? Lokasi tepatnya ada di Jln. Patinggi No. 1 Ds. Bunihayu Kec. Jalancagak Subang, hanya 3 menit waktu tempuh dari jalan raya regional Subang - Bandung. Dari Bandung hanya berjarak 48 Km atau 1.6 Jam dan dari Jakarta berjarak 162 Km atau 2.6 Jam, sedangkan dari kota Subang hanya berjarak 15 Km atau 15 menit dengan aksesibilitas yang dapat dilalui oleh berbagai macam jenis kendaraan.

5.Curug Cileat Subang

Curug Cileat menjadi tempat wisata di Subang yang tidak boleh anda lewatkan, lokasi air terjun ini ada di Kecamatan Cisalak Kab. Subang Jawa Barat, dengan ketinggian curug ±  (Kurang Lebih)100 m di atas permukaan Laut, ditambah udaranya yang sejuk dan kemunculan pelangi-pelangi kecil yang memantul dari air terjun saat matahari pagi memancar.

Di curug ini anda juga bisa melakukan camping.  Untuk menuju air terjun ini kita harus berjalan beberapa kilometer. Adapun jarak dari kota Subang kurang lebih 37 km, ke arah selatan, jarak dari kota Bandung sekitar 63 km, ke arah utara, jarak dari kota Jakarta ±181 km, arah selatan via Subang.

(adh)

 

Share this Post:

Berita Lainnya