Hanya Dengan 10 Ribu Bisa Menikmati Destinasi Ala Jepang

Klik nusae -  Datanglah ke Kota Magelang,Jawa Tengah. Ada destinasi baru dengan konsep mirip Negeri Sakura Jepang. Menariknya, untuk bisa memasuki kawasan ini pengunjung hanya dikenakan tiket masuk Rp.10.000/orang.

Objek wisata baru itu,namanya Tirta Kebon nDelik (TKD). Lokasinya berada di Karang Kembang RT 01/RW 05, Pucang Gading, Desa Ngluwar, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang. Atau persisnya, berada di belakang perkampungan penduduk yang suasanya masih alami dan suasana pedesaan.

Bagi pengunjung yang ingin melihat lokasi wisata ala Jepang ini dari arah Yogya sampai di Pertigaan Semen,bisa menuju arah Ngluwar, kurang lebih 5 km.

TKD mulai buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB, sedangkan khusus hari Minggu dibuka mulai pukul 06.30 WIB. Adapun tiket masuk orang dewasa Rp10.000, anak-anak Rp5.000 dan bagi orang berkebutuhan khusus gratis.

Begitu  memasuki TKD terlihat ada gerbang torii dengan nuansa pohon bambu. Selain itu, digantung pula beberapa lampion, bahkan setelah memasuki lokasi juga menemukan gerbang torii dengan ukuran lebih lebih besar.

Di area ini, pengunjung juga akan menemukan sekitar 160 jenis tanaman tabepuya. Tabepuya ditanam dengan jarak sekitar 2 meteran baik jenis tabepuya warna kuning, ungu, pink dan putih. Konsep yang diusung dalam wisata ini konsep Jepang.

"Kita memang mengusung konsep Jepang, jadi di lajur sebelah barat tanaman tabepuya atau Sakura Brazil warna kuning, di tengah ungu, paling sana (pojok) warna pink dan putih," kata Pengelola Tirta Kebon nDelik (TKD) Abdul Aziz, Sabtu (20/4/2019).

Menurut Abdul Aziz, tanaman yang ada memang disiasati dengan jarak tanam yang relatif dekat dan tingginya pun dibatasi sehingga orang-orang yang di jalan ingin berselfi ada spot-nya.

"Tirta Kebun nDelik ada pohon bambu karena biar untuk Jepang-nya kental juga. Lampion juga Jepang, Gerbang Torii kalau di Jepang namanya gerbang keberuntungan, itu juga kental. Kita juga ada cemara udang itu juga kental bunga sakura, nanti ketika 3 bulan lagi Insya Allah lajur kanan sudah berbunga," paparnya.

Selain itu, di lokasi destinasi wisata ini traveler bisa melihat langsung ikan arwana yang berada di kolam dekat tanaman tabepuya. Adapun indukan ikan arwana jumlahnya sampai 80 ekor.

"Ada 80 indukan ikan arwana. Indukan harganya Rp 500.000 per ekor, kalau anak umur satu bulan harganya Rp 20.000-Rp 25.000 per ekor," tutur Aziz yang juga pelaku budidaya yang ikan arwana sudah berlangsung 7 tahun itu.

Untuk memasuki lokasi tersebut tiket masuk sangat terjangkau. Bahkan untuk orang yang berkebutuhan khusus digratiskan.

"Tiket Rp 10.000, kalau anak-anak Rp 5.000. Kemudian, (mohon maaf) yang berkebutuhan khusus kita gratiskan," kata dia.

Pengunjung yang ingin berselfi dengan pakaian ala Jepang juga disediakan pula. Untuk harga sewa pakaian ala Jepang ini berkisar dari Rp 25.000 sampai Rp 50.000 selama satu jam.

"Kita juga menyediakan kostum-kostum Jepang dengan harga yang sangat terjangkau dari Rp 25.000 sampai dengan Rp 50.000 untuk satu jam," kata Aziz.

Sementara itu, Camat Ngluwar Kunta Hendradata mengapresiasi dengan keberadaan Tirta Kebon nDelik tersebut. Diharapkan, keberadaan taman ini bisa memberikan dampak positif bagi warga masyarakat.

"Saya ikut berbangga tentunya bahwa sekarang telah diresmikan taman Tirta Kebun nDelik di Karang Kembang, Ngluwar, juga dapat berkembang dan maju bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitarnya," katanya.

(adh/dtk)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya