Ingin Bertahan Hidup Di Alam Bebas,Ikuti Teknik Bushcraft

Klik nusae - Bagi kaum milenial menjelajah alam bebas atau menelusuri alam liar menjadi salah satu tantangan tersediri. Tapi taukah Anda berkelana di hutan belantara, lalu mendirikan tenda  tak  semudah yang terlihat dalam film-film Hollywood.

Perlu persiapan yang mantang,sebelum kalian  memutuskan untuk "berselancar" di alam liar. Jangankan bagi bagi pemula, kaum profesional pun tetap mempersiapkan diri dengan baik.

Nah, teknik bertahan hidup menjadi  satu persiapan yang wajib hukumnya untuk terus menerus dilatih.

Belakangan ini situs Youtube diramaikan oleh video-video bertema teknik bertahan hidup di tengah alam liar atau yang disebut bushcraft.

Bushcraft pertama kali dipopulerkan oleh petualang bernama Les Hiddins dan Mors Kochanski.

Sebagai catatan penting, bushcraft wajib dibarengi dengan persiapan fisik, mental dan alat yang mumpuni sebelum pergi ke tengah alam liar, sehingga orang yang melakukannya bisa menjalankan teknik cadangan jika teknik utama gagal.

Mengutip Primal Survivor, berikut adalah beberapa keterampilan bushcraft yang wajib diketahui:

  1. Membuat Api

Selain untuk memasak atau menghangatkan badan, api juga berguna untuk mengusir binatang liar yang kemungkinan mampir ke area kemah.Untuk membuat api di tengah hutan, Anda bisa memanfaatkan kertas dengan sedikit petroleum jelly dan korek api.Jika ingin membuat api di tengah hujan, buatlah serat kayu dari batang pohon.

  1. Peralatan dari Batu

Jika tidak membawa peralatan tajam dari rumah, batu dapat diasah menjadi pisau atau mata tombak.Seperti kebanyakan keterampilan bushcraft lainnya, kemampuan membuat alat tajam dari batu memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan.

  1. Tali dari Tanaman

Tali berguna untuk menopang tenda, menjadi pancing sampai menjemur baju. Jika tak membawa tali, tanaman rambat dapat dimanfaatkan untuk membuatnya.

  1. Menggantung Panci

Memasak dengan api unggun, panci yang digunakan harus digantung dengan bantuan ranting pohon.Terdapat sejumlah cara untuk menggantung panci di atas api unggun yang bisa dipelajari dalam teknik bushcraft.

  1. Perangkap untuk Berburu dan Memancing

Selain mencari tanaman atau buah yang aman dikonsumsi, berburu atau memancing adalah salah satu hal yang mau tidak mau harus dilakukan demi bertahan hidup di tengah alam liar.Bahkan tak jarang ada yang memakan serangga untuk bisa bertahan hidup.

Untuk berburu makan, diperlukan perangkap yang bisa dibuat dari batang dan ranting pohon dengan mudah.

  1. Tempat Berlindung

Tenda biasa digunakan sebagai tempat berlindung ketika berkemah. Tapi jika tak membawa tenda, batang pohon, ranting dan dedaunan juga dapat dimanfaatkan untuk membuat tempat berlindung dari hujan dan panas.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya