Tahun 2019 Jatim Agendakan 367 Event Budaya dan Pariwisata

Klik nusae - Provinsi Jawa Timur (Jatim) begitu percaya diri bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi pada thun 2019. Untuk itu,tak tanggung-tanggung, selama tahun 2019, Jatim mengagendakan 367 kegiatan budaya dan pariwisata.

Ke-367 agenda tersebut diluncurkan, Selasa (22/1/2019). Meski jumah agenda tahun ini berkurang dibandingkan tahun lalu yaitu 482 agenda budaya dan pariwisata,namun ada beberapa festival yang bakal digelar lebih spektakuler.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim Sinarto mengatakan, berkurangnya jumlah even budaya dan pariwisata itu karena sejumlah daerah belum mengirim kalender even kegiatan pariwisata mereka.

Setidaknya, dari 38 kabupaten dan kota di Jatim, sebanyak 18 daerah yang belum mengirim kalender even pariwisata ke Disbudpar Jatim.

"Sebenarnya even di kabupaten dan kota cukup banyak. Sehingga, bisa jadi jumlahnya lebih banyak lagi," kata Sinarto di sela peluncuran Kalender Wisata Jatim 2019 di kantor Disbudpar Jatim.

Pihaknya optimistis, target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini sebanyak 1 juta kunjungan dan wisatawan nusantara (wisnus) 54,6 juta kunjungan bisa tercapai. Ini karena Jatim memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat berlimpah.

Hampir setiap daerah di Jatim memiliki ciri khas masing-masing.

"Kami terus mendorong agar setiap daerah menyelenggarakan even pariwisata yang berkualitas," pintanya.

Selain itu, infrastruktur yang terus dibenahi membuat calon wisatawan tertarik datang ke Jatim. Misalnya, tahun ini diperkirakan ada 11 kapal pesiar yang akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak.

Setiap kapal pesiar membawa minimal 2.500 wisatawan. Mereka akan berkeliling mengunjungi tempat wisata di Jatim.

Keberadaan jalan tol juga akan mempermudah mobilitas warga mengunjungi lokasi wisata.

"Sejumlah penerbangan langsung seperti Surabaya ke Banyuwangi dan Jakarta Banyuwangi turut mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan," pungkas Sinarto.

Sejumlah even yang masuk kalender wisata Jatim 2019 antara lain, Induro 2019 Seri 1 di Nganjuk, Festival Kenduren di Jombang, Gebyar Labuhan Sarangan di Magetan, Majapahit International Travel Fair di Surabaya, Parade Budaya di Lamongan, Grebeg Pancasila di Blitar.

Selain itu Festival Panji Nusantara di Blitar, Yadnya Kasada dan Eksotika Bromo di Probolinggo, Banyuwangi Ethno Carnival di Banyuwangi, Jember Fashion Carnival di Jember, Pesona Bumi Penataran di Blitar, Grebeg Suro di Ponorogo dan sejumlah kegiatan lain di daerah di Jatim.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya