Tebing Citatah, Paling Amazing Di Bandung Barat

JELAJAH NUSA - Anda menyukai petualangan adrenalin. Tempat ini perlu dicoba. Memanjat tebing dengan spot yang menantang.Sangat cocok bagi yang sering berolah-raga panjat tebing.

Lokasinya ada di Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.Tebing ini  memiliki karakteristik batuan kapur dan sudah sering  menjadi alternatif wisata untuk mengisi liburan panjang.

Kawasan Karst Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat yang berjarak 5 KM dari Padalarang tak terlalu sulit untuk dijangkay. Daerah ini memiliki bentuk morphologi yang berbukit, tipe batuannya berupa batuan kapur sehingga menjadikan daerah ini tidak kalah menarik dan seru dari pemandangan dan spot pemanjatan lain.

Tebing Citatah 48, yang biasa disebut warga sekitar sebagai Gunung Tebing Manik, memiliki 25 jalur pemanjatan. Tebing ini juga kerap disebut Tebing Komando karena berada di bawah pengawasan Kopassus.


Untuk bisa memasuki Tebing Citatah 125 ini, anda hanya perlu meminta izin kepada ketua RT atau pengurus Karang Taruna Pabeasan. Tebing ini berada dalam pengawasan warga Pabeasan yang mengurus fasilitas umum seperti toilet dan saung-saung di sana.

Jika  berminat melakukan pemanjatan, hanya perlu mempersiapkan peralatan panjat sesuai dengan prosedur dan mengajak rekan anda yang sudah cukup berpengalaman di bidangnya. Beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti carabiner, harness, tali kernmantel, sepatu panjat, figure eight, dan lain sebagainya.

Disarankan bagi pemula yang melakukan kegiatan free climbing dan harus dijaga oleh seorang belayer ketika memanjat.

Hal yang perlu diingat dalam melakukan pemanjatan adalah tetap menjaga etika sopan santun antar pemanjat di sana dan menjaga kebersihan lokasi pemanjatan.

(ani)

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya

E-Magazine Nusae