Makanan Khas Kampung Adat Cireundeu Yang Tetap Bertahan

JELAJAH NUSA - Kampung Cireundeu merupakan salah satu kampung adat di Jawa Barat yang masih memiliki budaya tradisional dan tetap bertahan sampai saat ini. Kampung  yang terletak di kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat warganya memegang teguh kepercayaan ajaran dan tradisi leluhur.

Satu hal yang menjadi ciri khas dari kampung ini ialah makanan pokoknya yang bukan beras seperti masyarakat Indonesia kebanyakan, melainkan singkong. Singkong sebagai bahan makanan pokok telah menjadi gaya hidup bagi warga sekitar kampung Cireundeu.

Singkong dipilih  sebagai solusi pencegahan kemungkinan gagal panen karena singkong dapat ditanam dalam segala musim dan dapat dipanen sepanjang tahun.

Selain digunakan sebagai makanan pokok, singkong hasil budidaya kampung tersebut juga digunakan sebagai bahan pembuat aneka ragam kue dan makanan ringan. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan pengunjung kampung Cireundeu yang acap kali menanyakan buah tangan yang dapat dibawa pulang.

Makanan yang mereka hasilkan dari bahan baku singkong seperti keripik bawang, eggroll, kembang goyang, dan dendeng kulit singkong.

Cireundeu telah menjadi sentra pembuatan kue sejak tahun 2008 silam dan hal tersebut membantu perekonomian warga secara positif.

(ani)

Share this Post:

Berita Terkait