Destinasi Atlet Asian Games,Beda Jakarta Beda Jabar

JELAJAH NUSA - Kalau di Jawa Barat atlet Asian Games 2018 menikmati keindahan panorama Sari Ater Hotel & Resort di Kabupaten Subang. Beda lagi mereka yang bertanding di Jakarta. Para atlet dan official yang berasal dari beberapa negara itu ditawarkan berbagai destinasi heritage.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jakarta Barat Linda Enriany menyebutkan kawasan Kota Tua menjadi destinasi yang masuk dalam paket heritage tour bagi kontingen dan delegasi negara dalam Asian Games 2018. Sebab, di sana terdapat sejumlah museum sejarah-sejarah ibu kota.

"Kalau di Jakarta Barat hanya di Kota Tua-nya saja. Mereka ke Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang dan Museum Seni Rupa dan Keramik, dan di sekitar kawasan situ," kata Linda, Jumat (24/8/2018).

Kunjungan para kontingen dan delegasi ke kawasan wisata masuk dalam program wisata gratis yang disiapkan oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Mereka diberikan dua pilihan wisata yaitu heritage tour dan shopping tour.

"Kita berharapnya mereka para atlet dan kontingen bisa menceritakan pengalamanya mereka ketika berada di tempat wistaa di Jakarta dan Kota Tua kepada para keluarga atau kerabatnya di negara asal," terang Linda.

Kunjungan ke museum-museum dalam daftar heritage tour Asian Games 2018 tersebut juga bisa dinikmati oleh masyarakat. Namun, masing-masing museum memiliki daftar kunjungan umum dan khusus selama masa Asian Games.

Seperti Museum Sejarah Jakarta yang sejak 12 Agutus-9 September 2018 menggelar Pameran Asian Games. Terdapat perjuangan dan sejarah Asian Games 1962 yang saat itu Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Pameran tersebut telah menarik perhatian sejumlah delegasi dari berbagai negara seperti China, Taipei, Korea, Nepal dan lainnya. Seperti team official dari Nepal, Gurung Suresh Kumar yang membawa 24 orang atlet dan tim delegasi yang datang pada Jumat siang.

"Koleksi-koleksinya sangat bagus, khususnya tentang Asian Games 1962. Itu yang bagus. Itu salah satu yang menarik," kata Suresh, Jumat. Selanjutnya, ia bersama rombongan menggunakam paket shopping tour dengan berbelanja di Mangga Dua.

(adh/kom)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya