Nikmatnya Soto Sriwijaya, Kuliner Khas Palembang

JELAJAH NUSA - Jalan-jalan ke  Kota Palembang kurang pas kalau belum mencicipi masakan khas "Bumi Sriwijaya" ini. Ada banyak kuliner Palembang, mulai dari Pempek,Tekwan,Laksan,Pindang Patin,Mie Celor,Martabak Har,Tempoyak, dan Lenggang.

Tapi jangan salah, ternyata masih ada lagi masakan yang pasti akan membuat ketagihan. Namanya, Soto Sriwijaya. Nah, soto ini cuma ada di Hotel Horison Ultima Palembang di Jalan Sudirman.

Soal rasa, benar-benar berbeda dengan soto lainnya, seperti Soto Betawi atau Soto Bandung. Meski berkuah kental, tapi seperti kita menikmati soto bening. Hmmm..yummy kan.

Adalah Executive Chef Horison Ultima, Wahyu yang akhirnya memilih untuk menghadirkan Soto Sriwijaya. Tentu karena selama ini banyak tamu menanyakan ciri khas soto yang ada di Palembang.

"Saya beri nama Soto Sriwijaya agar lebih melekat dengan sejarah Kota Palembang. Begitu saya coba dan ditawarkan ke tamu, banyak yang kemudian selalu menanyakan soto ini," kata Wahyu.

Menurut Wahyu, komposisi Soto Sriwijaya diantaranya bumbu halus,bawang merah 30 gr,bawang merah 20 gr,lada putih 20 gr,cabe merah 30 gr. Sementara untuk bahan campurannya ada daun bawang,daun seledri,daun jeruk,daun salam, dan sere.

"Untuk dagingnya saya menggunakan daging topside dengan kualitas unggul," lanjut Wahyu.

Menghadirkan menu Soto Sriwijaya, lanjut Wahyu, didasari oleh keinginan kuat untuk bisa memberikan sesuatu yang selalu di kenang saat berada di Palembang. Alasan lain, karena melihat di seluruh kota di Indonesia sudah ada ciri khas soto masing masing. Sebut saja ada Soto Medan,Soto Betawi,Soto Bandung dan soto soto lainnya.

"Makanya saya termotivasi untuk menciptakan soto khas Palembang. Selama ini masakan sejenis khas Palembang hanya pindang," ungkap Wahyu.

Hal lain yang mendorong dirinya segera mengeluarkan menu andalan ini karena setiap ada event wedding di Horison Ultima Palembang selalu ditanyakan, mana soto khasnya.

Selain Soto Sriwijaya, ada lagi menu baru ala Chef Wahyu, yakni Ayam Bakar Sambel Mata.  Berbeda dengan ayam bakar lainnya, rasa pedas dan bumbu rempahnya sangat pas di lidah.

Nah, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi Soto Sriwijaya segeralah beranjak ke Horison Ultima Palembang.Di hotel ini, Anda bisa menikmati malam minggu Anda dengan bersantai dan menikmati makan malam di pinggir kolam renang yang bernuansa Hawaii lengkap dengan live music yang akan menghibur Anda.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya