Kim Teng, Sejatinya Kuliner Pekanbaru

JELAJAH NUSA - Ingin sarapan pagi di Kota Pekanbaru,Riau. Terutama bagi wisatawan yang baru berkunjung ke Kota Bertuah ini. Cobalah datang ke Kim Teng. Kedai ini sudah sangat dikenal masyarakat setempat.

Ya, Kim Teng sejatinya adalah kedai kopi legendaris di Pekanbaru. Selain menjadi rekomendasi masyarakat lokal, Kim Teng tercatat sebagai restoran nomor satu yang paling direkomendasikan oleh pengguna situs ulasan TripAdvisor.

Banyak pilihan menu yang disediakan. Mulai dari bubur ayam,mie ayam,dimsum dan lain-lain. Hanya saja disini ada satu menu yang cukup legendaris yakni kopi Kim Teng.

"Kopi ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Rasanya memang berbeda. Saya selalu pesan kalau sarapan disini," kata Heri, Pemerhati Kuliner Pekanbaru saat mencoba racikan kopi milik Haryono, generasi ketiga penerus Kim Teng ini bersama Jelajah Nusa.

Kim Teng sendiri menempati sebuah ruko yang berlokasi di Jalan Senapelan 22, Pekanbaru dekat Pasar Bawah dengan  bangunan yang cukup luas.

Di pintu masuk Kim Teng, berjejer gerobak makanan dengan berbagai hidangan. Semua makanan halal alias tak mengandung daging babi. Semua gerobak makanan tersebut adalah pihak kedua yang menumpang berjualan makanan di Kim Teng.

Begitu kita memasuki kedai Kim Teng, terdapat sekitar 100 kursi lengkap dengan meja makan. Dinding di kedai Kim Teng dipenuhi berbagai iklan dari berbagai industri mulai alat berat,otomotif, perbankan, dan lainnya.

Rupanya para industri tau betul kalau kedai ini selalu ramai (clustered) sehingga sangat potensial untuk mempromosikan produk-produknya.

Kursi-kursi di Kim Teng selalu penuh, khususnya pada akhir pekan.  Kedai kopi Kim Teng di Pekanbaru. Bagi yang tak menyukai strong-nya kopi original,cobalah kopi susu di Kim Teng dan roti bakar isi selai Srikaya.

Kedai kopi ini dirintis oleh Tan Kim Teng pada tahun 1956, dan sejak tahun 2000 di kelola oleh Mulyadi Tenggana yang merupakan cucu dari Tan Kim Teng.

Sedangkan Tan Kim Teng sendiri merupakan salah satu pejuang kemerdekaan RI yang konon berjasa memasok senjata dari Singapura.

Pada awalnya kedai ini bernama Kedai Kopi Segar yang terletak di Jln Muhammad Yatin Pasar Bawah, setelah beberapa kali pindah tempat akhirnya menetap di tempat yang sekarang dan membuka lain di Mall SKA, Mall Senapelan, Mall Ciputra dan Pustaka Soeman HS.

Menu Unggulan

Menu andalan kedai ini adalah kopi dan roti. Untuk bahan baku bubuk kopi didatangkan bubuk kopi berkualitas tinggi dari Solok, sedangkan rotinya dibuat oleh Wolter Monginsidi Bakaery sejak tahun 1970 dan selai srikaya dibuat sendiri oleh kedai ini.

Meskipun memiliki menu andalan kopi dan roti, di kedai Kimteng Senapelan juga tersedia makanan yang lain seperti dim sum, mie ayam dan lontong sayur.

Makanan ini disediakan oleh pedagang yang menyewa tempat dan ikutan berdagang di kedai ini. Sebuah simbiosis mutualisma yang saling menguntung, pemilik kedai Kim Teng mendapat sewa dari pedagang lain dan pedagang itu memperoleh tempat jualan di kedai yang sangat ramai.

Nah, seperti apa kelezatan menu Kim Teng,tentu harus mencoba sarapan disini. Oh ya, agar mendapatkan pakir yang nyaman, datanglah lebih pagi.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya

E-Magazine Nusae